Napak Tilas Sejarah Jambi; Anak Muda Ini Ziarah Ke Makam Rang Kayo Hitam

Jambi Terkini | Fakta Untuk Perubahan

Selasa, 30 Oktober 2018


Foto; Tampak Makan Rang Kayo Hitam dan Mayang Mangurai

Tanjung Jabung Timur. JT – Pada hari kamis tanggal 25 Oktober 2018 bertempat di Kelurahan Simpang Kecamatan Berbak Tanjung Jabung Timur Jambi. Seorang anak muda bernama Eko Supryanto yang berasal dari Desa Sido Mukti Kecamatan Dendang Kab. Tanjabtim melakukan kegiatan ziarah ke makam Rangkayo Hitam.

Saat ditemui di kediamannya. Eko Supryanto mengatakan, ini adalah tujuan untuk memberikan penghormatan pada para pahlawan, dan ini Bertepatan dengan momentum hari sumpah pemuda 28 Oktober 2018, pemuda desa ini melakukan ziarah ke makam Rang Kayo Hitam, sebagai bentuk wujud menghormati salah satu raja Jambi.

“Masyarakat Jambi, kaum muda khususnya harus tahu sejarah Jambi, dengan salah satu cara melaksanakan ziarah ke makam-makam pahlawan, raja-raja Jambi, dan ini akan memberikan nilai edukasi bagi kaum muda untuk lebih mencintai daerahnya melalui sejarah”, tutur Caleg DPRD Tanjabtim ini kepada awak media.

Di komplek makam Rang Kayo Hitam terdapat pula makam isteri ketiganya yaitu Putri Mayang Mangurai, para hulu balang, dan disebrang sungai batanghari terdapat pula makam kakak tertua dari Rang Kayo Hitam, yaitu Rang Kayo Pingai.

Foto; Eko Supryanto saat mengunjungi dan ziarah ke makam rang kayo hitam (25-10-2018)

Ada harapan besar dari sosok anak muda ini, Eko Supryanto membeberkan, perhatian pemerintah daerah harus lebih besar ke pusat dan tempat sejarah. Sehingga bisa memicu banyak orang, khususnya masyarakat dan kaum muda untuk berziarah, berwisata religi, sejarah, dan sekaligus memberikan nilai edukasi.

“Pemerintah daerah harus perhatian, dan juga masyarakat harus bersama-sama mendukung, melestarikan budaya, berziarah ke makam pahlawan, ulama-ulama besar Jambi untuk selalu mengingat jasa dan perjuangan mereka, dan tak kalah penting ialah mendo’a kan kebaikan bagi mereka”, tutup pemuda desa ini. *(Kam-89)*