Tingkatkan Swasembada Beras: LAD Pulau Tebakar Tanjung Beringin Adakan Do’a Turun Bertahun

Jambi Terkini | Fakta Untuk Perubahan

Merangin | Rabu, 31 Oktober 2018

Foto; Prosesi Adat Dalam Acara Turun Bertahun

 

MERANGIN. JAMBI TERKINI – Bertempat di lapangan sepak bola Desa Tanjung Beringin Tabir Barat digelar acara adat turun bertahun, acara berlansung khidmat. Do’a dan Syukuran kepada tuhan yang maha esa melalui Turun Bertahun, acara turun bertahun dibimbing langsung oleh Lembaga Adat Desa Pulau Terbakar Tanjung Beringin Kec. Tabir Barat Kab. Merangin, 30/10.

Acara Do’a Turun bertahun adalah tradisi budayaadat masyarakat untuk mengawali gerakan turun bertahun dan sebagai sarana untuk memanjatkan do’a bersama agar dalam pelaksanaan bertahun di berikan kelancaran serta mendapatkan hasil panen yang melimpah. Acara ini dilaksanakan setiap 3 tahun sekali yang dihadiri oleh pemuka adat, pemuka agama, aparatur desa, dan seluruh masyarakat.

Adapun rangkaian acara Do’a Turun Bertahun diawali dengan Bincang Adat, pelantikan Datuk Merajo Lelo LAD, Pemotongan Kerbau, dan dilanjutkan dengan Do’a bersama, acara di akhiri dengan makan bersama di tanah lapang atau padang.

Dalam sambutannya Jamaludin S.Pd (red;ketua panitia) mengharapkan acara ini jangan hanya menjadi seremonial belaka melainkan menjadi spirit dan komitmen bersama untuk melaksanakan gerakan turun bertahun dalam rangka peningkatan ketahanan pangan menuju swasembada beras 2019.

Prosesi Turun Bertahun Sebelum Menanam Padi Secara Budaya Adat

Kemudian ditambahkan oleh Hasan. S (Datuk Meraja Lelo LAD) dalam arahannya mengingatkan akan pentingnya menjaga dan melestarikan budaya adat, dalam rangka mempertahankan eksistensi Adat Istiadat di era modernisasi ini.

Dengan diadakan gerakan turun bertahun ini diharapkan Pemda melalui Dinas Pertanian dapat melirik perhatian dan kemudian menguncurkan bantuan bibit, pupuk, dan melakukan pendampingan kepada masyarakat melalui PPL. Dengan harapan dapat meningkatkan hasil panen dan meningkatkan ekonomi keluarga bagi msyarakat desa di kabupaten merangin.

By. RIP